Home » , , » Mengenal Alat Liturgi Bag. I

Mengenal Alat Liturgi Bag. I

Written By Santa Maria Kartasura on Friday, January 13, 2017 | 3:29 PM

Alat liturgi merupakan peralatan buatan yang digunakan dalam rangka  perayaan liturgy. nah, bagi kita para misdinar, pastinya harus tau apa fungsi dari peralatan tersebut

1. Piala 


piala liturgi



Perlengkapan piala. Urutan : piala - kain piala(purificatorium) - sendok kecil - patena - hosti besar - palla - korporal.

Piala/cawan : berasal dari Bahasa Latin calix, artinya piala. Piala ini tempat anggur yang pada saat misa kikonsekrir menjadi darah Kristus

Purificatorium/kain piala : merupakan kain kecil persegi empat  yang digunakan untuk membersihkan piala dan juga alas untuk selubung bagi tangan petugas liturgy.

Sendok kecil : berfungsi untuk mengambil air yang dicampur dengan anggur, dibeberapa tempat sendok ini bersifat opsional(bisa ada bisa tidak).

Patena : sejenis piring kecil berbentuk bulat yang berlapis emas, yang digunakan untuk meletakkan hosti besar.

Palla : penutup piala yang berwarna putih dan berbentuk persegi empat, terbuat dari bahan yang pipih dan keras.

Korporal : dalam bahasa latin yaitu corpus yang artinya tubuh, karena  disitulah akan diletakkan Tubuh Tuhan Yesus. Korporal ini merupakan kain persegi empat yang lebar yang dibentangkan dialtar sebagai alas piala , patena dan piksis.

2. Ampul

ampul liturgi


Ampul : 2 gelas kecil yang berisi air dan anggur. Jika ampul tidak terbuat dari kaca, biasanya terdapat tulisan V(vinum=anggur) dan A (Aqua=air).

3. Lavabo

lavabo


Lavabo secara haraviah diartikan saya mencuci. Cerek Lavabo dan kain lavabo : merupakan tempat untuk mencuci tangan imam yang selalu disertai dengan kain lavabo.

4. Sibori

sibori


Sibori : berasal dari bahasa Latin ciborium artinya makanan. Sibori hampir serupa piala tetapi yang digunakan untuk tempat hosti kecil.

SHARE

About Santa Maria Kartasura

0 komentar :

Post a Comment