Home » » Apakah Tugas Sebagai Putra Altar

Apakah Tugas Sebagai Putra Altar

Written By Santa Maria Kartasura on Monday, October 2, 2017 | 10:36 AM


Dalam perayaan Misa, Putra altar memiliki tanggung jawab berikut selama:
 
Pintu masuk: Putra Altar berpartisipasi dalam prosesi masuk, dipimpin oleh seseorang yang bertindak sebagai Pendupaan (wiruk/turibulum) dengan membakar dupa (jika dupa digunakan pada Misa) dan pembawa lilin menyala mengapit yang lain membawa salib.

Putra Altar memegang buku-buku liturgi untuk imam saat dia tidak berada di altar dan sedang memproklamasikan doa kepresidensial dengan tangan terulur. Mereka membawa serta menyimpan benda-benda seperti buku, wiruk/turibulum, mangkuk lavabo dan handuk, patens, mangkuk komuni, dan mikrofon.

Proklamasi Injil: Di Alleluia sebelumnya atau nyanyian lainnya, menyerahkan pendupaan kepada imam agar dia menaruh dupa di dalamnya, dan kemudian putra altar, mungkin membawa lilin, mendahului imam atau diakon yang pergi ke mimbar untuk mewartakan Injil di sana.
 
Awal Liturgi Ekaristi: putra altar mengatur piala, sibori dan peralatan misa ke altar dan  persembahan ketempatnya. Kemudian membantu imam tersebut untuk menerima roti dan anggur . Putra Altar menyajikan anggur dan air bagi imam untuk menuangkan beberapa ke dalam piala. Jika dupa digunakan, wiruk/turibulum dan dupa diserahkan kepada pastor dan, setelah pendupaan altar dan persembahan, diakon atau putra altar mendupakan imam dan umat. Ketika imam membasuh tangannya di samping altar, putra altar menuangkan air ke atas mereka.

Konsekrasi: putra altar membunyikan lonceng sesaat sebelum konsekrasi, umumnya di epikelis (saat imam mengulurkan tangannya di atas pemberian). Sesuai dengan kebiasaan setempat, putra altar juga membunyikan bel ketika setelah pengudusan roti dan anggur pastor tersebut menunjukkan Hosti dan kemudian piala yang berisi Anggur. Jika dupa digunakan, putra altar akan melakukan pendupaan pada hosti yang dikuduskan dan piala saat ini ditunjukkan kepada orang-orang.

Salam Damai: Putra Altar mungkin menerima tanda damai dari Imam atau diakon di dalam tempat kudus.

Berkat penutup: putra altar memimpin Imam dan pelayan misa lainnya seperti pada prosesi masuk, kembali kedalam sangkristi.
SHARE

About Santa Maria Kartasura

0 komentar :

Post a Comment